Kurikulum :
– KB-TK Erlass merupakan lembaga pendidikan umum yang menggunakan Kurikulum nasional yang ditetapkan Kemendikbud sebagai dasar penyelenggaraan program pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan anak, dengan muatan disesuaikan dengan visi dan misi Erlass.
– Kurikulum Erlass merupakan integrasi dari beberapa kurikulum dan telah disesuaikan dengan kebutuhan anak

Metode
– Metode belajar aktif yang menyenangkan .Anak belajar melalui bermain dan pengalaman langsung.
– Anak dapat memahami tema yang dipelajari melalui proses pembelajaran yang bermakna dan learning experiences (proses pengalaman pembelajaran)
– Membangun pemahaman konsep dengan melibatkan anak untuk mampu banyak bertanya mengenai hal yang dipelajarinya dan memberikan waktu yang leluasa untuk dapat mengeksplorasi dan mencari jawaban-jawabannya.

Aspek Pengembangan dan Penilaian :
Ruang lingkup kurikulum PG dan TK Erlass berfokus untuk membantu mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak meliputi aspek perkembangan moral dan nilai-nilai agama, sosial-emosional dan kemandirian (pembiasaan), bahasa, kognitif, fisik/motorik, dan seni sehingga memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk tingkat pendidikan selanjutnya (SD).
• Bidang pengembangan aspek pembiasaan, meliputi aspek perkembangan moral dan nilai-nilai agama serta pengembangan sosial, emosional dan kemandirian. Dari aspek perkembangan moral dan nilai-nilai agama diharapkan akan meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan YME dan membina sikap anak sebagai warga negara yang baik. Aspek perkembangan sosial, emosional dan kemandirian dimaksudkan untuk membina anak agar dapat mengendalikan emosinya secara wajar dan dapat berinteraksi dengan sesamanya maupun dengan orang dewasa dengan baik serta dapat mandiri sesuai dengan usianya.
• Bidang pengembangan kemampuan dasar merupakan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas sesuai dengan tahap perkembangan anak. Bidang pengembangan dasar meliputi aspek perkembangan:
– Pengembangan aspek berbahasa bertujuan untuk mengungkapakan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara tepat, mampu berkomunikasi secara efektif dan membangkitkan minat untuk dapat berbahasa Indonesia.
– Pengembangan kognitif bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir untuk dapat mengolah perolehan belajarnya, dapat menemukan bermacam-macam alternatif pemecahan masalah, membantu mengembangkan kemampuan logika matematikanya dan pengetahuan akan ruang dan waktu, serta mempunyai kemampuan berpikir teliti.
– Pengembangan fisik/motorik bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih gerakan dasar dan halus, meningkatkan kemampuan mengelola, mengontrol gerakan tubuh dan koordinasi serta meningkatkan keterampilan tubuh dan cara hidup sehat, sehingga dapat menunjang pertumbuhan jasmani yang kuat, sehat, dan terampil.
– Pengembangan Seni bertujuan agar anak dapat dan mampu menciptakan sesuatu berdasarkan hasil imajinasinya, mengembangkan kepekaan, dan dapat menghargai hasil karya yang kreatif.

Program pembelajaran :
• Sekolah memberikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar pada proses pembelajaran.
• Bahasa Inggris diajarkan di kelas TK hanya sebatas perkenalan dan materi sesuai dengan pembahasan tema pembelajaran, sedangkan pada KB dikenalkan melalui lagu-lagu .
• Pelajaran Komputer diberikan untuk penunjang materi pembelajaran.
• Pelajaran Agama (Islam, Katholik dan Kristen) diajarkan secara terpisah pada kelas TK A & B.
• Adanya Sentra Bermain yang dihubungkan dengan pengembangan bahasa, sains, seni dan matematika.
• Mengadakan assembly per kelas sebagai bagian dari proses pembelajaran
• Pengembangan keterampilan bahasa dengan meminjam dan membaca buku dari perpustakaan.
• Program mengundang tamu, Field Trip dan Special Event yang kami laksanakan sebagai pengayaan pembelajaran yang menunjang kurikulum
• Kegiatan ekstrakurikuler seperti gambar, vocal dan tari menjadi pilihan dalam rangka pengembangan kreativitas anak

Penyampaian informasi kegiatan proses pembelajaran siswa :
“Sosialisasi orangtua”. Pada awal tahun ajaran Erlass mengadakan dengan pertemuan orangtua untuk memberikan informasi mengenai apa saja yang akan dialami anak Anda selama satu tahun ajaran, termasuk penjelasan kurikulum di setiap semester.
“Laporan Harian”. Setiap hari sekolah orangtua akan dapat mengetahui kegiatan dan kemampuan apa saja yang telah dilakukan anaknya melalui buku komunikasi
“Surat Bulanan”. Setiap awal bulan Erlass mengeluarkan surat untuk orangtua berisi informasi tentang program kegiatan di bulan yang akan dilalui, seperti apa yang akan dilakukan anak selama bulan tersebut, tugas-tugas yang harus dipersiapkan murid dengan bantuan orangtua di rumah, dan pengumuman penting lainnya.
“Laporan Semester” Orangtua akan menerima laporan hasil belajar/laporan perkembangan anak setiap akhir semester
“Pertemuan sesuai kebutuhan”. Orangtua dapat membuat janji sewaktu-waktu dengan Wali Kelas atau Kepala Sekolah jika merasa perlu untuk membicarakan masalah yang berhubungan dengan anaknya dan pihak Erlass akan pula menghubungi orangtua apabila ada masalah menyangkut anaknya.