Hari Kartini

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Sekolah Erlass mengadakan kegiatan membatik  dan mengenal permainan tradisional yang dilaksanakan pada hari Kamis 26 April 2018. Acara diawali dengan  kegiatan membatik yang  diikuti oleh murid-murid kelas TK A dan TK B.  Para murid diajarkan cara membuat jumputan dengan menggunakan kain blacu, karet gelang dan pewarna pakaian. Selain itu mereka juga diajarkan  cara mengikat kain  dengan menggunakan karet gelang, dimana setiap siswa  mendapatkan  satu lembar kain dan lima karet gelang.  Kemudian setelah kain terikat dengan karet gelang, murid  memilih satu warna untuk dicelupkan dan direndam beberapa jam.

Kegiatan membatik ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya Indonesia, agar murid-murid Erlass mengenal dan mengetahui secara sederhana membuat kain jumputan. Hasil jumputan tersebut dibagikan dan  terlihat mereka  sangat bangga dan gembira dengan karyanya.

Selain kegiatan membatik, murid-murid TK A dan TK B juga diajarkan salah satu jenis permainan tradisional yaitu engklek.  Setiap murid mendapat kesempatan untuk mencoba permainan tersebut. Beberapa murid dapat melakukannya dengan mudah dan lainnya harus butuh latihan. Permainan ini sangat menyenangkan karena merupakan atraksi yang jarang dilakukan sehingga sangat menarik dan merupakan tantangan baru bagi para murid.

Perayaan Kartini ini sangat berkesan dengan mengenalkan anak-anak budaya Indonesia, diharapkan akan semakin mendalam cinta tanah air dan menyenangi permainan tradisional yang banyak ragamnya.

Posted in pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *