Kegiatan Imunisasi Difteri di TK Erlass

Imunisasi adalah program pencegahan penyakit menular yang diterapkan dengan memberikan vaksin sehingga orang tersbut imun atau resisten terhadap penyakit tersebut. Program imunisasi dimulai sejak usia bayi hingga masuk usia sekolah. Melalui program ini, anak akan diberikan vaksin yang berisi jenis bakteri atau virus tertentu yang sudah dilemahkan atau dinonaktifkan guna merangsang sistem imun dan membentuk antibodi di dalam tubuh mereka. Antibodi yang terbentuk setelah imunisasi bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus tersebut di masa yang akan datang.

Berkaitan dengan imunisasi, pemerintah sangat memperhatikan peningkatan kesehatan khususnya untuk anak-anak, terutama imunisasi difteri dikarenakan sering terjadi kejadian luar biasa(KLB) untuk kasus difteri yang disebabkan oleh bakteri. Melalui  program Outbreak Response Imunization Difteri (ORI Difteri) untuk masyarakat wilayah Jakarta, pemberian imunisasi dilakukan baik di puskesmas maupun di sekolah. Erlass merupakan salah satu sekolah yang memfasilitasi tempat untuk program imunisasi yang diselenggarakan oleh Puskesmas Kelurahan Jatipadang, Pasar Minggu. Adapun pelaksanaannya dilakukan pada  hari Selasa, 25 September 2018.

Sekolah Erlass telah mengadakan imunisasi difteri tahap III, sebelumnya erlass juga telah mengadakan imunisasi tahap I pada bulan Maret dan tahap II dibulan April. Imunisasi ini tentunya dilakukan atas dasar persetujuan orangtua. Selain itu, Daycare Little Quoka dan sekolah TK Budi Siwi juga ikut bergabung dalam kegiatan ini.

Selama proses kegiatan imunisasi reaksi anak pun berbeda-beda, ada anak yang tetap tenang sampai menangis karena takut untuk disuntik. Namun, kerjasama antara orang tua, petugas Puskesmas dan para guru membuat kegiatan tersebut berjalan dengan lancar.

Dengan memberikan imunisasi yang lengkap pada anak maka kita telah memberikan perlindungan kepada anak terhadap beberapa penyakit berbahaya.

Posted in umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *