Kegiatan Pekan Budaya Sekolah Erlass

Mengenalkan budaya pada pada anak-anak usia dini, tentu harus dikemas dengan menarik sesuai kebutuhan mereka.  Pengenalan budaya,khususnya budaya Indonesia perlu didukung oleh semua pihak yang terlibat dengan pendidikan anak mulai dari guru, orang tua hingga praktisi dan pemerintah.

Erlass mengadakan Pekan Budaya Indonesia berdasarkan tema pembelajaran bulan April yaitu Tanah Air. Kegiatan ini diikuti oleh siswa TK A dan TK B yang dilaksanakan selama 4 hari,  mulai dari tanggal 11-12 April 2019  sampai dengan 15-16 April 2019. Pada kesempatan tersebut anak-anak belajar mengenal budaya nusantara melalui alat musik tradisional dan cara memainkannya, makanan tradisional dan asal daerah, barang-barang-barang kesenian Indonesia, tarian daerah,  serta membuat kegiatan seni dengan wadah dari anyaman bambu. Mereka berpartisipasi membawa sendiri alat musik dan makanan tradisional Indonesia, kemudian mempresentasikannya secara bergantian. Kegiatan pekan budaya ini ditutup dengan kegiatan menari bersama dari beberapa daerah dan pertunjukkan drama dari guru-guru Erlass tentang pentingnya persatuan Indonesia.

Melalui pekan budaya, anak – anak mendapat pengalaman dan pengetahuan baru tentang alat musik,  makanan, barang-barang kesenia dan tarian dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satu aktivitas yaitu kegiatan seni berupa  mewarnai gambar wadah dari anyaman bambu dilakukan dengan menggunakan cat air  dan hasilnya dapat dimiliki oleh anak.

Posted in pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *